Jangan Sekolahkan Kebodohan Anak Anda

“Dan sungguh Kami telah ciptakan manusia dalam sebaik- baik rupa” (QS At Tiin)

Ayat di atas mengabarkan bahwa Allah SWT tidaklah main-main saat menciptakan manusia shg tidak ada produk yang gagal. Semua manusia dilahirkan lengkap dengan kelebihannya masing-masing. Pun demikian dengan anak-anak kita. Paradigma tersebut mesti lekat di benak kita sebagai orang tua.
Maka, mengapa kita masih sibuk dengan kelemahan anak-anak kita? Bukankah tak ada manusia yang sempurna? Hanya Allah Sang Pemilik Kesempurnaan. Mari ayah bunda….kita bersama-sama men-fokuskan teropong kita kepada kekuatan anak-anak kita lalu kkita asah terus kekuatan tersebut. Maka sisi kekurangan mereka akan tereduksi dengan sendirinya. Tak gampang memang, tapi kita bisa. Karena ini demi masa depan anak-anak kita. Bayangkan andai setiap saat anak-anak kita ditampakkan sisi kelemahannya: di sekolah, di rumah juga di lingkungan…..mereka akan menyembunyikan badan mereka bak kura-kura terancam bahaya. Mereka akan takut mencoba karena malu dicaci dan dipojokkan. Dan mungkin relung hati mereka akan teriak: “Tuhan….mengapa Kau tak sayang padaku? Bukankah Engkau Maha Pengasih dan Penyayang?” Nah lhoo….mampukah kita bertanggung jawab kelak di akherat?
Tetapi…jika kita fokus pada kehebatan mereka dan terus membantu mengasahnya, mereka akan tampil sebaga pribadi yang penuh percaya diri dan senantiasa bersyukur. Mereka akan melangkah mantap tanpa takut salah, terus berkarya dan mengeksplorasi dunia. Dan..lisan mereka tak kan lupa mengalunkan doa indah untuk kita: “Ya Rabbana, jagalah selalu ayah bundaku sebagaimana mereka menjagaku. Layakkan mereka menikmati keindahan surga Mu.”
Ayah bunda, pilihan ada di tangan kita. Tapi tentunya kita tidak akan gegabah. Yukk….kita bersama-sama menjadi orang tua bijak yang tidak palsu kasih sayangnya. Fokus pada kehebatan anak-anak kita dan STOP menyekolahkan kebodohan mereka.

#Tulisan sore sambil menunggu dua jagoanku asyik bermain#

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s