Abstraksi KTI “Penerapan Konsep Knowledge Spiral pada Pembelajaran Anak Usia Dini

Usia dini adalah rentang usia 0-8 tahun, di mana anak mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan yang unik baik fisik, intelgensi, social emosi, maupun bahasa dan komunikasinya.  Usia dini sering disebut the golden age (masa emas) karena perkembangan pada masa ini akan sangat mempengaruhi masa-masa berikutnya.

            Pengetahuan pada anak usia dini, agar tidak sekedar menjadi informasi tetapi menginternal dalam diri mereka sehingga menghasilkan perubahan perilaku maka harus mengalami proses perubahan (spiralisasi pengetahuan).  Proses spiralisasi pengetahuan pada anak usia dini mesti dilakukan dengan metode yang sesuai dengan tahap perkembangannya.

            Penelitian ini dilakukan terhadap siswa-siswi kelompok B (usia 5-6 tahun) TK Islam Plus Aya Sophia, Kecamatan Panongan, Kabupaten tangerang.  Tahapan penelitian ini meliputi tahap pra uji, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa pada kelompok yang menerapkan konsep knowledge spiral memiliki kemampuan lebih dalam menyampaikan kembali pengetahuannya baik melalui gambar/tulisan maupun secara lisan/bercerita dibandingkan siswa pada kelompok yang belum menerapkan konsep ini.

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s